Blog yang membahas profil dan biodata orang yang sedang terkenal

Sabtu, 12 November 2016

Profil Dan Biodata Ahok Basuki Tjahaja Purnama Lengkap

Profil Dan Biodata Ahok Basuki Tjahaja Purnama Lengkap - Lugas, tegas, tak kenal kompromi dengan apapun dan siapapun serta berani melawan para koruptor merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin mencalonkan diri menjadi seorang Bupati atau Gubernur. Salah satu tokoh nasional yang sangat terkenal dengan gaya lugas dan tegas serta tak kenal kompromi terhadap siapapun adalah Ahok. Gubernur DKI yang sekarang menjadi petahana ini sekarang juga mencalonkan diri memimpin kembali DKI Jakarta. Penasaran dengan profilnya. Yuk mari intip profilnya. 

Profil Dan Biodata Ahok Basuki Tjahaja Purnama Lengkap
Profil Dan Biodata Ahok Basuki Tjahaja Purnama Lengkap

Profil dan Biodata Ahok


Basuki Tjahaja Purnama atau orang sering menyebut Ahok merupakan Gubernur DKI yang ke 17. Sosok dengan perawakan sedang dan berkulit putih ini mulai menjabat Gubernur DKI sejak tanggal 19 Nopember 2014. Ahok merupakan pengganti dari bapak Joko Widodo yang dulu menjadi Gubernur dan sekarang menjadi Presiden Republik Indonesia ini.

Ahok yang mempunyai naman Tionghoa Zhong Wanxue ini merupakan salah satu putra bangsa yang lahir di Manggar, Belitung Timur. Beliau lahir pada tanggal 29 Juni 1966. Profil dan Biodata Ahok bisa dibilang memecahkan rekor sebagai satu-satunya gubernur DKI yang beragama Kristen, Protestan. Selain itu Ahok juga merupakan orang kedua dari etnis Tionghoa yang pernah menduduki kursi Gubenur DKI setelah sebelumnya ada nama Henk Ngantung yang pernah menjabat kursi Gubernur DKI di era tahun 1964-1965.

Profil dan Biodata Ahok merupakan anak pertama dari Alm. Indra Tjahaja Purnama dan juga Buniarti Ningsing. Ahok memiliki tiga orang adik yaitu Basur Tjahaja Purnama yang sekrang menjadi Bupati di Kabupaten Belitung Timur, kemudian Fifi Lety yang berprofesi sebagai praktisi hukum. Kemudian adik terakhirnya yang bernama Harry Basuki yang bekerja pada Konsultan Bidang pariwisata dan perhotelan. Mereka semua adalah warga keturunan Tionghoa-Indonesia.

Masa kecil Ahok dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Setelah tamat dari sekolah dasar kemudian melanjutkan pendidikan SMP dan SMA nya di Jakarta. Setelah lulus dari SMA kemudian Ahok melanjutkan studinya di Universitas Trisakti dengan jurusan Tekhnik Geologi di Fakultas Tekhnik Mineral. Pada saat menjalani masa kuliah ini lah Ahok diurus oleh seorang wanita Bugis yang memiliki agama Islam yang bernama Misribu Andi Baso Amier. 

Setelah kuliahnya selesai kemudian Profil dan Biodata Ahok kembali ke kampung halamannya untuk menjadi seorang kontraktor Pertambangan PT. Timah pada tahun 1989.

Ahok menikah dengan Veronica, seorang wanita yang sangat cantik kelahiran Medan. Pernikahan antara Ahok dan juga Veronica berbuah manis dengan dikaruniai 3 orang putra-putri yang bernama Nicholas Sean Purnama, Nathania dan juga Daud Albeenner.

Nama Ahok merupakan sebuah nama julukan yang diberikan oleh ayah Ahok. Arti Ahok sendiri berasal dari kata “Banhok”. Kata “Ban” sendiri mempunyai arti Puluhan ribu dan “Hok” yang berarti Belajar. Jika kedua kata itu digabungkan maka akan mempunyai  makna “ belajar di segala bidang” karena kata “banhok” sulit untuk diucapkan maka panggilan Banhok berubah menjadi Ahok agar mudah untuk diucapkan. 

Baca juga :

Karier Ahok Dalam Dunia Bisnis Dan Juga Politik

Setelah selesai dalam kuliahnya di Jakarta, Profil dan Biodata Ahok kembali ke kampung halamannya untuk memulai Bisnis. Awal mula bisnis yang digeluti oleh Ahok adalah menjadi Direktur PT. Nurindra Ekapersada. Setelah itu bersama kawan-kawannya membangung sebuah pabrik yang diberi nama Gravel Pack Sand ( GPS ) pada tahun 1995. Karena merasa sudah mampu untuk membuat pabrik sendiri akhirnya Ahok membuat pabrik sendiri yang berlokasi di Dusun Burung Mandi, Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pabrik tersebut merupakan sebuah pabrik yang pertama kali didirikan di Belitung Timur dengan memanfaatkan tekhnologi yang sangat cangih yaitu dari Amerika dan juga negara Jerman.

Di akhir tahun 2004, Profil dan Biodata Ahok benar-benar memberikan perbedaan yang sangat berarti bagi Belitung Timur. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Ahok meyakinkan sebuah perusahaan asal Korea untuk berinvestasi di Indonesia untuk membuat Tin Smelter ( pengolahan dan pemurnian biji timah ) yang sangat ramah lingkungan lengkap dengan pergudangan dan juga pelabuhan bertaraf internasional. 

Selain bermain dalam dunia bisnis, Profil dan Biodata Ahok merasa bahwa dia perlu untuk terjun ke dunia politik untuk memecahkan masalah yang dihadapi bangsa ini, karir politik Ahok di mulai sejak tahun 2004 dengan bergabung dengan bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru, sebagai ketua DPC di Kabupaten Belitung Timur. Pada tahun yang sama ia terpilih menjadi anggota Legislatif Kabupaten Belitung Timur pada periode tahun 2004 sampai tahun 2009.

Setahun belum genap menjadi anggota Legislatif ( DPRD ) kemudian ada yang namanya Pilkada Belitung Timur, Ahokbpun maju bergandengan dengan Khairul Effendi untuk menjadi Bupati Belitung Timur. Tak pernah disangka justru pasangan Ahok dan juga Khairul Effendi yang berasal dari Partai Nasional Benteng Kemerdekaan malah menjadi pasangan pemenang dengan mengantongi 37,13 persen. Fakta unik terjadi di Belitung Timur ini dimana biasanya yang menang adalah Partai Bulan Bintang justru kalah telak dengan majunya pasangan Ahok dan juga Khaerul Effendi ini. 

Menjadi Bupati Belitung Timur belum genap dua tahun Ahok kemudian mengajukan diri menjadi Gubernur di Bangka Belitung pada tahun 2007 Ahok resmi mengundurkan diri dari kursi Bupati. Pencalonan Ahok menjadi Gubernur ini didukung langsung oleh bapak Abdurrahman Wahid atau yang sering disebut dengan Gus Dur. Namun apa mau di kata pencalonan Ahok menjadi Gubernur tidak membuahkan hasil karena ia dikalahkan oleh rivalnya Eko Maulana Ali.

Dua tahun berselang setelah pencalonan dirinya yang gagal dalam pemilihan Gubernur kemudian di tahun berikutnya 2009 ada pemilihan DPR RI, Ahok pun maju menjadi DPR RI. Dengan kemenangan yang sangat mutlak Ahok pun terpilih menjadi DPR RI. Pada periode 2009-2014. 

Belum selesai masa jabatan menjadi DPR RI pada tahun 2012 ia merasa yakin untuk maju memimpin Jakarta. Kemudian Ahok pun dirangkul oleh bapak Joko Widodo dalam pemilihan tersebut. Dengan modal kejujuran dan kerja keras akhirnya pasangan Joko Widodo dan Profil dan Biodata Ahok  resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. 

Belum genap dua tahun menjadi wakil gubernur DKI, Ahok pun di daulat menjadi Gubernur DKI menggantikan bapak Joko Widodo yang menang secara telak mengalahkan rivalnya Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden. Pada awal mulanya banyak yang menolak Ahok menjadi Gubernur karena masalah agama dan ras. namun beberapa isu penolakan tersebut akhirnya mampu pupus setelah Presiden Indonesia sendiri bapak Joko Widodo melantik sendiri Ahok sebagai Gubernur DKI.

Profil lain :

Demikian sekilas tentang Profil dan Biodata Ahok. Sosok pemimpin yang satu ini memang bisa tergolong kontroversial karena sikapnya yang sangat garang dan tak kenal ampun kepada bawahannya yang menyeleweng dan juga korupsi terhadap uang negara. Namun di balik itu semua, Profil dan Biodata Ahok juga termasuk tokoh yang sangat diidolakan oleh negeri ini karena sangat jarang pemimpin yang berani melawan tradisi korupsi yang ada pada bawahannya seperti Ahok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Profil Dan Biodata Ahok Basuki Tjahaja Purnama Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar