Blog yang membahas profil dan biodata orang yang sedang terkenal

Minggu, 13 November 2016

Profil Dan Biodata Anies Baswedan Lengkap Beserta Perjalanan Karir

Profil Dan Biodata Anies Baswedan Lengkap Beserta Perjalanan Karir - Pendidikan merupakan salah satu dari sekian banyak  faktor yang menjadi penentu dalam masa depan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang benar dan juga sesuai dengan kultur dan juga kebutuhan manusia modern lah yang akan menciptakan dan perwujudan wajah masa depan suatu bangsa kelak nantinya. 

Profil Dan Biodata Anies Baswedan
Profil Dan Biodata Anies Baswedan
Dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pendidikan yang ada di Indonesia maju atau tidak bergantung bagaimana arah dari sang penentu kebijakan di dunia pendidikan itu sendiri. Menteri pendidikan bisa menjadi sangat vital perannya karena semua kebijakan tentang pendidikan bergantung pada keputusan dari sang menteri.

Reshuffle kabinet dalam pemerintahan yang ada di Indonesia merupakan hal yang sangat wajar terjadi dan hal yang sangat lumrah. Hal ini juga berlaku pada sosok profil dan biodata Anies Baswedan yang dulunya adalah seorang Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang sekarang berganti menjadi sosok penantang Ahok dalam pilkada DKI.Penasaran dengan sosok Anies Baswedan berikut ulasannya. 

Profil dan Biodata Anies Baswedan

Profil dan biodata Anies Rasyid Baswedan nama lengkap dari Anies Baswedan. Pria yang berperawakan tegap dan juga memiliki senyum yang khas ini lahir di kota Kuningan Jawa Barat, tanggal 7 Mei 1969. Sosok dengan pembawaan sangat kalem ini sebelum menjadi Menteri Pendidikan pernah menjadi seorang rektor sebuah universitas ternama yang ada di Indonesia. Sosok dengan gagasan-gagasan brillian ini merupakan rektor termuda yang pernah ada di Indonesia. Profil dan biodata Anies Baswedanmenjadi seorang rektor dalam usia 38 tahun. Suami dari Fery Farhati Ganis ini merupakan alumnus Universitas Of MaryLand College, Amerika Serikat. 

Masa Kecil dan Remaja Anies Baswedan

Anies Baswedanmulai mengenyam pendidikan pada usia 5 tahun dan menginjak sekolah dasar pada usia enam tahun. Anak dari pasangan Rasyid Baswedan dan juga Aliyah Rasyid ini menghabiskan masa sekolah dasar nya di SD Laboratori, Yogyakarta. Kemudian Profil dan biodata Anies Baswedanmelanjutkan pendidikan di SMPN 5 Yogyakarta. Semasa di SMP Anies Baswedan dijuluki ”seksi kematian” karena tugasnya sebagai bagian Humas yang menyiarkan adanya orang yang meninggal.

Setelah lulus dari SMPN 5 Yogyakarta kemudian Anies Baswedan melanjutkan studinya di SMAN2 Yogyakarta. Pada masa inilah watak kepemimpinan Anies Baswedan mulai tebentuk. Tergabung dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) menjadikan ia ikut dalam pendidikan kepemimpinan OSIS se Indonesia bersama 300 anggota OSIS dari seluruh Indonesia. Atas integritas dan daya juang yang dimiliki Anies Baswedan akhirnya beliau dipilih menjadi ketua OSIS seluruh Indonesia, pada tahun 1987. Berkat  menjadi ketua OSIS se Indoneisa inilah menyebabkan sosok Anies Baswedan terpilih menjadi salah satu diantara beberapa anak Indonesia yang mengikuti pertukaran pelajar dengan AMERIKA. Tapi sayang sunguh disayang dengan pertukaran pelajar itu pula yang menyebabkan Anies Baswedan harus menghabiskan masa SMA selama empat tahun. 

Selepas dari SMAN 2 Yogyakarta kemudian Profil dan biodata Anies Baswedan melanjutkan studinya di UGM. Di UGM pun Anies Baswedan tak berhenti dalam berorganisasi, beliau mengikuti HMI ( Himpunan Mahasiswa Islam ) yang merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang tertua yang ada di Indonesia. tak hanya berperan di HMI Anies Baswedan juga ikut andil dalam senat mahasiswa di UGM. 

Baca juga : 

Setelah lulus dari UGM dengan nilai yang sangat memuaskan kemudian Anies Baswedan mendapatkan beasiswa di Universitas Maryland, College Park, Amerika Serikat untuk mengambil Master di sana. Berbagai penghargaan bergengsi yang ada di Amerika pun pernah beliau raih selama melaksanakan studi. 

Setelah selesai dari masternya di Universitas Maryland, lagi-lagi Anies Baswedan mendapatkan beasiswa untuk program doktor nya di Northern Illinois University pada tahun 1999. Di saat menyelesaikan program doktornya Anies Baswedan tak luput mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa terbaik dalam bidang Ilmu Politik. Desertasi doktoralnya yang ia beri judul “Regional Autonomy and Pattern Democracy in Indonesia “ dengan menggunakan data survei dari 177 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia menjadikan beliau sebagai satu-satunya mahasiswa Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan bergengsi dari NIU tersebut. 

Perjalanan Karier Anies Baswedan

Setelah masa kuliah yang begitu panjang baik di Indonesia maupun Amerika sosok Anies Baswedan mulai banyak dibicarakan di tanah air. Keilmuan beliau dalam hal politik dan juga akademisi yang begitu menawan menjadikan Universitas Paramadina melantiknya menjadi Rektor. Profil dan biodata Anies Baswedan berhasil menjadi rektor termuda waktu itu dengan usia 38 tahun. Menggantikan sosok Nurcholis Madjid ( Cak Nur ). Gebrakan demi gebrakan pun dilakukan di Universitas Paramadina. Salah satu yang begitu menonjol adalah idenya tentang pemberian beasiswa kepada anak-anak berprestasi yang kurang mampu dalam dunia pendidikan yang ingin melanjutkan kuliah. 

Hampir sekitar 2000 an mahasiswa yang telah terbantu dengan adanya program beasiswa ini. Pemberian beasiswa ini meliputi semua hal yang dibutuhkan mahasiswa mulai dari buku, biaya hidup dan biaya kuliah dan semua kebutuhan mahasiswa dengan syarat kelak jika sudah lulus mencantumkan pemberi donasi dalam gelarnya semisal pemberi donasi (Bakrie Group) maka mahasiswa tersebut harus mencantumkan nama bakrie Group dalam gelar yang ia peroleh. Hal ini sangat disambut baik oleh semua kalangan yang terkadang masih pesimis dengan biaya kuliah di Indonesia yang terbilang masih sangat mahal. Selain itu gebrakan lain yang pernah ia lakukan selama menjabat sebagai rektor di Universitas Paramadina adalah dengan adanya mata kuliah wajib “anti korupsi” yang mendidik generasi muda untuk tidak terjerumus dalam korupsi. 

Karirnya di Universitas Paramadina yang begitu moncer tak lantas membuatnya menjadi puas. Tekadnya untuk berjanji pada ibu pertiwi untuk mensejahterakan semua masyarakat yang ada di Indonesia ikut membawanya terjun ke dunia politik. Salah satunya dengan mengikuti konvensi partai Demokrat. Dalam beberapa debat yang pernah ia lakoni ia selalu mengutarakan gagasan-gagasan brillian dalam mensejahterakan bangsa.

Tak cukup sampai di situ saja. Setelah konvensi yang tak juga membuahkan hasil akhirnya ia mensetujui pinangan Jokowi-JK sebagai pasangan calon Presiden untuk menjadi juru kampanye. Karena Profil dan biodata Anies Baswedan dinilai oleh pasangan Jokowi-JK merupakan sosok muda yang banyak menginspirasi dan juga memberi andil besar buat masyarakat. 

Profil tokoh lain :

Setelah masa pemilihan selesai dan menetapkan pasangan Jokowi-JK sebagai pasangan presiden maka ditunjuklah Anies Baswedan mengisi posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pasangan Jokowi-JK berpendapat bahwa Anies Baswedan adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi itu. Namun belum genap dua tahun mengisi posisi di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan nama Anies Baswedan kemudian digantikan oleh Muhadjir Effendy yang merupakan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Sebenarnya banyak yang menyayangkan pengantian tersebut. karena banyak yang menilai bahwa sosok Anies Baswedan lah orang yang tepat dengan Pendidikan. 

Kini Profil dan biodata Anies Baswedan sedang bertarung untuk memperebutkan posisi DKI 1. Semoga niat baik Anies Baswedan untuk membawa Jakarta lebih baik bisa terlaksana. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Profil Dan Biodata Anies Baswedan Lengkap Beserta Perjalanan Karir

0 komentar:

Posting Komentar